Akhir Perjalanan Lumia Series

Seperti yang kita tahu bahwa nokia sempat mengalami kejayaan pada tahun 90-an hingga awal tahun 2000-an hingga akhirnya harus tergeserkan dengan kemunculan ponsel asal korea yaitu samsung dengan OS androidnya.

Roda selalu berputar, di saat kritis nokia pun akhirnya bekerjasama dengan microsoft sekitar tahun 2011 dengan series lumia, dan nokia masih memproduksi asha sebagai jantung tulang punggung. Hingga akhirnya sekitar tahun 2014 nokia mengakhiri hidupnya di dunia ponsel, dan tersisa microsoft.

top-mobile-phones

Hingga saat ini microsoft tetap konsisten pada produk lumia dengan OS windows phone miliknya, akan tetapi di kabarkan bahwa ponsel lumia akan berakhir juga.

Di kutip dari wincamp.org  bahwa Microsoft sekarang sudah menghentikan produk Lumia dan menaruh harapan serta memberikan keleluasaan pada OEM untuk membuat produk Windows 10. Bahkan secara perlahan Microsoft mulai menghentikan penjualan produk Lumia diberbagai negara. Menurut kabar yang beredar, puncak dari penjualan Lumia tersebut berakhir pada bulan desember nanti.

Lalu Bagaimana dengan Produk Lumia yang Beredar Saat ini ?

Jelas itu tidak berpengaruh dengan pernyataan Microsoft yang mengatakan akan menghentikan produk lumia, karena Windows 10 Mobile akan terus dikembangkan dan akan terus memberikan dukungan kepada setiap usernya. Itu semua terlihat dari rutinnya Microsoft memberikan update untuk kestabilan Windows 10 Mobile.

Market Share Windows 10 Mobile ?

Market share Windows 10 Mobile menurut laporan adduplex yang diterbitkan bulan september ini menyebutkan bahwa Windows 10 Mobile masih stabil di angka 14-15% yang artinya tidak ada penurunan atau peningkatan yang cukup signifikat. Penyebabnya adalah tidak lain karena Microsoft memang tidak merilis perangkat Windows sebanyak tahun lalu. Sekarang sudah banyak OEM yang memproduksi ponsel Windows 10 Mobile meskipun belum terbilang banyak dan nama-nama vendor nya pun masih jarang di dengar terkecuali HP dan Alcatel dan lenovo.

Meskipun sudah ada banyak OEM yang memproduksi ponsel Windows 10, kita tidak bisa menaruh harapan besar pada mereka. Pasalnya jangkauan pasar dari produk-produk mereka hanya sebatas wilayah kecil yang artinya tidak diproduksi secara global.
Surface Phone Mampu Menyelamatkan Ekosistem Windows 10 Mobile ?