Google Oreo Akan Segera Hadir

Demi memanjakan para penggunanya Google terus berupaya melakukan peningkatan kinerja serta penambahan fitur pada OS terlarisnya yaitu Android. Bertepatan dengan Gerhana Matahari google merilis OS barunya yaitu android O. O saja ya, bukan ooooo. Sebelumnya telah hadir OS Nougat yang baru beberapa bulan saja akhirnya di rilis lagi yang terbaru.

Android Oreo, itulah nama OS-nya, seperti yang dahulu yaitu Kitkat dengan melakukan kerjasama pada merk di pakainya, rupanya untuk versi Oreo ini google juga bekerjasama dengan Oreo tersebut karena menggunakan namanya, lantas kenapa google tidak menggunakan nama lain? mungkin nama Oreo sudah cukup familiar di kalangan global, jadi mereka ambil mudahnya saja.

Nah berikut adalah fitur pada Android Oreo yang kami kutip dari jalantikus.com :

1. Background Limit

Daya tahan baterai smartphone merupakan fokus utama yang dicoba diperbaiki Google di Android Oreo. Fitur Background Limit ini akan membatasi aktivitas aplikasi yang ada di background. Android Oreo akan meminimalkan aktivitas di latar belakang pada aplikasi yang jarang digunakan. Hal ini dilakukan agar bermacam aktivitas di latar belakang itu tak menyedot daya baterai yang berlebihan.

2. Autofill

Fitur Android Oreo Autofill ini menawarkan kenyamanan dan keamanan saat log-in. Memudahkan kamu masuk ke berbagai akun di internet, akun media sosial kamu, atau berbagai aplikasi tanpa perlu repot-repot mengetik username dan password.

3. Picture in Picture

Fitur Android 8.0 Oreo selanjutnya ialah Picture-in-picture (PIP). Jadi kamu bakal bebas nonton video sambil menjalankan aplikasi lainnya, tentunya menjadikan kamu lebih produktif, bisa nonton video dan tetap sambil kerja.

Jasa pembuatan website semarang

4. Notification Dots

Fitur Android Oreo selanjutnya ada Notification Dots. Jadi ketika ada notifikasi yang belum dibaca, akan muncul titik kecil di atas ikon aplikasi.

5. Android Instant Apps

Nantinya pengguna smartphone Android Oreo bakal dapat menjalankan aplikasi baru langsung dari browser, tanpa perlu men-downloadnya.

6. Google Play Protect

Google juga meningkatkan keamanan toko aplikasi digital miliknya yakni Play Store. Google bakal mampu mendeteksi dan menghapus aplikasi berbahaya secara otomatis. Google mengatakan akan memindai lebih dari 50 miliar aplikasi per hari.

7. Emoji Baru

Bagi pecinta chatting, ada lebih dari 60 emoji baru yang tersedia di Android Oreo.

8. Tombol Accessibility

Memungkinkan kamu mengakses dengan cepat dari fitur aksesibilitas pada panel navigasi, seperti pembesaran, dan fungsi dalam layanan aksesibilitas, seperti Select to Speak.

9. Smart Text Selection

Fitur Android Oreo ini memudahkan kamu melalukan copy paste dengan mengaplikasikan on device machine learning. Misalnya, ketika kita melihat tulisan sebuah alamat, kamu tak perlu lagi menyalinnya dengan mem-blok kata per kata. Google akan mengenali frasa dan konteks tulisan tersebut dan langsung membloknya kata per kata untuk di-copy dan paste. Smart Text Selection juga akan menyarankan maps pada tulisan alamat atau menyarankan akses telepon saat melihat deretan nomor telepon.

10. Dukungan Codec Audio Bluetooth High-quality

Ya, Android Oreo kini mendukung APTX sekelas dengan codec LDAC milik Sony, protokol streaming yang eksklusif dimiliki CSR dan kini dimiliki oleh Qualcomm. Dukungan codec audio ini memungkinkan kamu mendengarkan musik lewat perangkat Bluetooth dengan kualitas tinggi (high-bitrate). Telinga bakal semakin dimanja nih.

11. Dukungan Neighborhood Aware Networking

Ini adalah fitur Android Oreo baru berkaitan dengan teknologi WiFi nih yakni Neighborhood Aware Networking (NAN). Dengan ini memungkinkan perangkat menemukan satu sama lain dan berkomunikasi melalui WiFi tanpa perlu access point.

Dua smartphone yang mendukung teknologi NAN bisa menemukan satu sama lain dan terhubung tanpa aplikasi tambahan atau konfigurasi. Di mana memungkinkan mereka untuk berbagi data dengan kecepatan tinggi. Neighborhood Aware Networking (NAN) didasarkan pada standar WiFi Alliance WiFi Aware.

Software aplikasi keuangan zakat

12. Dukungan Profil Wide Color Gamut di Aplikasi

Di Android Oreo, Google menawarkan cara native untuk pengembang dalam menentukan cara untuk menampilkan aplikasi mereka di mode wide color gamut. Profil tersebut meliputi AdobeRGB, Pro Photo RGB, dan DCI-P3, yang merupakan standar umum dalam aplikasi pencitraan, editing, dan video profesional.

Tentu saja, layar smartphone juga harus benar-benar mendukung secara fisik untuk menampilkan profil tersebut. Agar mampu menampilkan warna yang diperlukan untuk video profil HDR seperti HDR-10 dan Dolby Vision. Singkatnya ini adalah hal yang baik, walaupun mungkin kamu tidak pernah menyadarinya.

13. Snooze Notifikasi Aplikasi

Nggak cuma alarm doang yang bisa kamu tunda. Di Android Oreo, kamu dapat melakukan snooze notifikasi di setiap aplikasi. Kamu dapat menunda selama 15 menit, 30 menit, atau satu jam.

14. Channel

Google juga mengubah sistem notifikasi Android Oreo. Salah satu perubahan ini adalah kamu bisa mengelompokkan notifikasi dari tiap-tiap aplikasi ke dalam kategori tertentu, yang disebut ‘channels’. Hal ini bisa memudahkan kamu ketika akan mengatur atau bahkan memblokir notifikasi dari kategori aplikasi yang dianggap mengganggu.

Itulah fitur Android Oreo terbaru. Saat ini Android Oreo baru hadir untuk versi developer preview/public beta dan Android Open Source Project. Sementara untuk smartphone dari pabrikan ponsel pihak ketiga, Android Oreo baru akan meluncur pada akhir tahun 2017. Berharap saja semoga smartphone kamu nantinya bakal mendapat OS O ini agar bisa menikmati beragam fitur menarik dari google O.