Kenapa Penjualan Xiaomi Bisa Fenomenal?

Xiaomi adalah produk china yang fenomenal, biasanya produk china terkenal dengan harga murah, model menjiplak dan durability yang buruk. Nah dengan kehadiran xiaomi menjadikan ketiga persepsi tersebut di tepis dan xiaomi berhasil membuat produknya di persepsikan orang sebagai produk china yang terjangkau dengan spek kelas tinggi di harganya, durability yang bisa di adu serta desain yang tidak kalah dengan merk ternama.

Di kutip dari jalantikus.com bahwa sejak pertama kali merilis smartphone tahun 2011 silam, nama Xiaomi secara perlahan tapi pasti berhasil menjadi sorotan dunia. Bahkan pada tahun 2014, Xiaomi menjadi vendor smartphone dengan pasar ketiga terbesar setelah Samsung dan Apple. Xioami sukses membuat harga smartphonenya sangat murah karena gak pernah membuat iklan. Lah, tanpa iklan kok Xiaomi bisa laku dan sukses mengekspansi ke berbagai negara ya?

Mungkin kamu bertanya-tanya, kok Xiaomi bisa sih smartphone Xioami terkenal dalam waktu singkat? Tanpa iklan loh. Soalnya banyak smartphone Android murah lain masih tetap perlu iklan agar bisa dikenal namanya. Berikut adalah alasannya :

  1. Harga Murah, Spesifikasi Mewah
    Banyak smartphone murah di pasaran, bukan cuma Xiaomi. Bahkan harga smartphone lokal bisa jauh lebih murah dari Xiaomi. Yang membedakan adalah spesifikasi mewah setara smartphone mahal vendor lain, namun dengan harga yang bisa setengah harga di bawahnya.
  2. Flash Sale
    Alih-alih gembar-gembor menggunakan iklan di berbagai media, Xiaomi justru memilih menggunakan metode flash sale menggandeng e-commerce. Dengan memilih e-commerce yang tepat, menjual produknya jadi sangat mudah. Selain bisa menjual produknya, flash sale ini juga bisa menjadi sarana iklan untuk memperkenalkan produknya. Pintar kan? Dengan satu lemparan batu, dua burung kena.
  3. Ekosistem Komunitas
    Alih-alih menggandeng media untuk melakukan gembar-gembor iklan advertorial, Xiaomi justru memanjakan komunitas penggunanya. Salah satu cara memanjakan komunitasnya ini adalah dengan mengizinkan penggunanya nge-root smartphone mereka tanpa harus khawatir garansi hilang. Gak cuma itu saja, Xiaomi juga rutin memberikan update. Dan jika ada masalah, semua keluhan penggunanya akan dipantau langsung di forum MIUI yang diawasi langsung oleh pihak Xiaomi. Keren, kan? Maka wajar jika akhirnya banyak blogger yang dengan suka rela menulis tentang Xiaomi tanpa harus dibayar.
  4. Innovatif
    Seperti yang kita ketahui bahwa awalnya xiaomi hanya menjual smartphone android, tapi kian lama ia terus berinovasi terhadap produknya dengan memunculkan berbagai produk seperti powerbank, usb lamp bahkan hingga sepeda elektrik serta drone. Keren bukan?