Laptop Mini 7″

Dahulu saat saya masih kuliah, pada tahun 2010 s/d 2015 mobilitas pad umunya adalah menggunakan laptop. Yang paling dominan adalah laptop 14″, kalau dahulu membawa laptop dengan tas ransel sudah biasa, walaupun berat, toh mau bagaimana lagi. Giliran ada tablet juga tablet berbasis android, adapun tablet windows biasanya harganya benar-benar mahal.

Waktu kian berkembang, tablet dual OS pun sudah hadir di mana-mana, hingga hadirlah laptop mungin ini. Di kutip dari arenatekno.com bahwa perangkat ini bernama GPD Pocket, ialah Laptop Terkecil Di Dunia Dengan Layar 7 Inchi Full HD. Sebuah inovasi terbaru dari dunia teknologi, yakni dengan hadirnya laptop yang berukuran sangat mini. Laptop ini dinamakan GPD Pocket karena memang laptop ini termasuk kategori laptop terkecil di dunia. Karena laptop ini memiliki ukuran layar 7 inchi berjenis IPS beresolusi full HD 1920×1200 pixels. Sungguh suatu terobosan yang sangat memukau, karena pada umumnya netbook yang biasa kita ketahui berukuran minimal 10 inchi, jadi dengan layar 7 inchi menjadikan GPD Pocket besarnya hampir sama dengan smartphone yang biasa kita pakai.

GPD Pocket merupakan laptop yang berjalan dengan OS Windows 10 maupun Ubuntu 16.04. Sedangkan kinerjanya sendiri laptop ini menggunakan prosesor Intel Atom X7-Z8700 Quad core yang didukung dengan RAM LPDDR3-1600 dengan kapasitas RAM 4 GB.Untuk ruang penyimpanannya sendiri laptop mini ini memiliki ruang penyimpanan berupa eMMc storage sebesar 128 GB.

Selain ukuran yang mini, laptop ini memiliki desain casing yang terbuat dari logam magnesium unibody yang menjadikan laptop ini tampil kokoh dan kuat. Karena ukurannya yang kecil tentu GPD Pocket lebih mudah untuk dibawa, bebannya pun juga ringan yakni kurang dari 500  gram. Adapun fitur yang bisa kita rasakan ketika menggunakan GPD Pocket antara lain Wi-Fi, Bluetooth, 2 Port (Port USB tipe C, Port USB Tipe A 3.0), HDMI Micro, Dll. Dengan begitu laptop mini GPD Pocket sangat bisa diandalkan sebagai sarana bekerja tanpa perlu ribet untuk membawanya. Untuk ketahanan baterainya laptop ini memiliki kapasitas daya baterai yang cukup besar yakni 7000 mAh yang mampu bertahan hingga 11 jam.

Spesifikasi Laptop GPD Pocket
Layar 7 inchi IPS Full HD 1920×1200 pixels
Touch Screen, Gorilla Glass 3
Prosesor Intel Atom X7-Z8700 Quad core
RAM 4 GB LPDDR3-1600
Storage 128 GB Flash Drive
Keyboard QWERTY
Konektivitas Wi-Fi 802.11ac
USB Type C dan USB 3.0 Type A
Micro HDMI
Sistem Operasi Windows 10 Atau Ubuntu 16.04
Baterai 7000 mAh

Jika dilihat dari spesifikasinya, laptop tersebut memiliki performa yang cukup bisa diandalkan dalam menunjang pekerjaan sobat arena tekno yang bergelut tidak jauh dengan laptop karena terkesan simpel dan tidak merepotkan penggunanya.

Nah, Berapakah harga Laptop mini GPD Pocket? Bagi sobat arena tekno yang berminat memiliki laptop terkecil di dunia ini, pihak GPD memberikan banderol laptop mini nya seharga 399 USD atau berkisar 5,4 jutaan untuk setiap unitnya.

Masih mahal ya?  ya memang, mengingat mereka menggunakan intel terbaru, RAM dan ROM besar dan desain yang inovatif saya rasa masih layak, tapi tenang saja, biasanya kian lama harga tersebut akan semakin murah dan berbagai merk akan mengikutinya, ya lumayan sebagai backup laptop portable kita.