Memprediksi Gempa

Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia cukup rentan akan gempa. Umumnya gempa besar tidak hanya 1 kali apabila terjadi, namun menghasilkan gempa-gempa susulan. Di butuhkan sebuah teknologi untuk mengatasi bencana gempa tersebut, kali ini ada sebuah teknologi yang mampu memprediksi gempa susulan.

Di kutip dari digitalmania.id bahwa seorang peneliti dari Harvard University dan divisi AI Google telah membuat neural network yang dapat menilai seberapa besar kemungkinan lokasi tertentu akan mengalami gempa susulan. Dan ini lebih akurat daripada model yang ada.

jasa pembuatan website lombok

jasa pembuatan website

Untuk lebih memprediksi lokasi gempa susulan, tim Harvard menggunakan AI, mereka memasukkan data 131.000 gempa utama dan gempa susulan yang pernah terjadi ke neural network yang mereka rancang untuk menghasilkan grid sepanjang 5 kilometer per 5 kilometer di sekitar lokasi setiap gempa utama. Selanjutnya, mereka memberi data pada neural network yang menunjukkan bagaimana guncangan utama mengubah tingkat tekanan di pusat setiap sel di sekitarnya. Neural network kemudian memprediksi kemungkinan sel mana yang akan menjadi tempat gempa susulan.

jasa pembuatan website jambi

jasa pembuatan website

Para peneliti menguji jaringan syaraf mereka pada 30.000 peristiwa gempa utama dan gempa susulan dan menemukan bahwa neural network bisa memprediksi lokasi gempa susulan jauh lebih akurat daripada model yang digunakan sebelumnya. Meskipun prediksi algoritme tidak mudah dibuktikan, para peneliti senang dengan AI mereka sejauh ini dan berpikir bahwa sistem yang lebih akurat pun sudah dekat dengan genggaman. Semoga saja teknologi tersebut dapat di implementasikan di negara kita, mengingat kita berada di daerah rawan gempa.

jasa pembuatan website lombok

jasa pembuatan website

Jasa Pembuatan Website, Software, Aplikasi Android