Menjadikan Masjid Sebagai Basis Dakwah

Pada saat Hijrah dari Makkah ke Madinah yang bernama Yatsrib pada waktu itu, hal yang pertama dilakukan oleh Rasulullah SAW adalah membagun Masjid. Masjid yang dibangun oleh Rasulullah dan para sahabatnya yaitu Masjid Nabawi. Betapa pentingnya masjid bagi umat Islam, sampai Rasulullah SAW memperioritaskan membangun Masjid sebelum yang lainnya.

masjid nabawi

Menara Masjid Nabawi di Kota Madinah al-Munawwarah

Masjid bagi umat Islam bukan hanya sekedar tempat sholat, tempat sholat namanya Mushollah. Apa fungsi dan peran masjid bagi umat Islam? inilah yang ingin saya sampaikan dalam tulisan singkat ini. Menjadikan masjid sebagai basis dakwah Islam. Dakwah Islam sangat luas namun pada intinya adalah mengajak manusia menyembah hanya kepada Allah SWT. Melaksanakan semua apa yang di peritahkan oleh Allah SWT. Meninggalkan apa saja yang dilarang oleh Allah SWT.

Masjid sebagai basis dakwah artinya bagaimana masjid penuh dengan kegiatan dakwah, masjid tidak hanya digunakan pada saat sholat lima waktu, sholat jum’at atau masjid hanya rame didatangi jamaah pada waktu bulan Ramadhan saat sholat taraweh, tetapi bagaimana masjid ini bisa tetap semarak dengan kegiatan-kegiatan dakwah. misalnya ada kegiatan anak-anak melalui TPQ setiap sore, kegiatan remaja dengan diskusi-diskusi keislaman, kegiatan majelis ta’lim Ibu-ibu, Pengajian rutin Bapak-bapak, sehingga masjid selalu rame.

 

Jasa Pembuatan Software