Mungkinkah Panel Surya Dapat Transparan Layaknya Kaca Biasa?

Bagaimana efisiensi yang dapat di tekan apabila semua jendela di gedung-gedung pencakar langit memiliki kaca dengan teknologi panel surya, begitu juga dengan kendaraan transportasi komersil seperti bus yang memiliki banyak kaca serta mobil-mobil pribadi dengan modifikasi kaca pada atapnya. Luar biasa bukan? jadi fungsi kaca selama ini tetap terpakai namun dengan tambahan panel surya di dalamnya.

jasa pembuatan website semarang

nikmati paket liburan lombok dengan lombok liburanku

Namun apakah teknologi tersebut dapat di aplikasikan? di kutip dari inovasi.com bahwa tim peneliti dari Universitas California di kota Los Angeles (UCLA) berhasil melakukan inovasi terhadap sel surya dan menciptakan sel yang transparan. Sel surya yang dinamakan “Polymer Solar Cell“ atau sel surya polimer (PSC), bisa menyerap cahaya matahari dan kemudian menghasilkan tenaga listrik yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari. Kehebatan inovasi terbaru ini adalah sel surya yang transparan dan masih memungkinkan penghuni melihat pemandangan diluar jendela. Studi dari UCLA ini sedang dipublikasikan lewat jurnal ACS nano.

Menurut laporan hasil penelitian ini, inovasi sel surya polimer (PSC) menghasilkan tenaga listrik dengan menyerap cahaya matahari terutama bagian inframerah yang tidak terlihat mata, jadi bukan dari cahaya tampak. Tim peneliti dibawah pimpinan seorang profesor UCLA bernama Yang Yang dan beberapa mahasiswa doktor dari departmen teknik material, berhasil membuat perangkat penyerap cahaya inframerah dari bahan plastik photoactive yang kemudian mengkonversi menjadi tenaga listrik. Profesor Yang adalah direktur lembaga penelitian “Nano Renewable Energy Center” yang berlokasi di California NanoSystems Institute (CNSI).

jasa pembuatan website semarang

nikmati paket liburan lombok dengan lombok liburanku

Keunggulan inovasi sel surya dari tim peneliti UCLA ini memiliki 70% transparan kalau dilihat dengan mata manusia. Hasil penelitian ini merupakan terobosan baru karena PSC terlihat lebih transparan daripada penemuan sebelumnya. Keunggulan lainnya termasuk bahan PSC ini dapat diproduksi dalam volume yang besar dengan ongkos produksi yang rendah. Apabila teknologi ini berhasil di terapkan maka akan banyak sumber tenaga yang dapat di hemat, semoga saja segera di rilis dan untuk dapat di pasarkan dengan harga terjangkau tentunya.

Jasa Pembuatan Software