Pengembangan Baterai Canggih

Berapa kali anda mencharge smartphone anda? 3 kali? 2 kali? memang rata-rata kita mengisi baterai smartphone sebanyak 2-3 kali. Lalu berapa lama anda mengisi baterai smartphone anda? 2 jam? 3 jam? ya, kurang lebih sekitar 2-3jam. Cukup ribet dan lama juga ya kalo kita pikir-pikir. Seiring waktu beberapa solusi di berikan, seperti baterai jumbo pada smartphone agar awet, lalu fast charging agar pengisian baterai lebih cepat, baterai saver dimana sistem menekan penggunaan konsumsi baterai dan terakhir powerbank, dimana sebuah perangkat yang menyediakan daya baterai secara portable.

Zaman pun terus berkembang, di kutip dari beritateknologi.com bahwa para peneliti dari University of Central Florida berhasil menemukan teknologi baterai yang canggih. Superkapasitor yang mereka temukan bisa digunakan untuk membuat baterai yang hanya butuh waktu pengisian dalam hitungan detik. Tidak hanya itu, baterai ini juga memiliki ketahanan lama, bisa dipakai hingga satu minggu. baterai-superkapasitor Superkapasitor yang dihasilkan dalam penelitian ini memang memiliki ukuran yang kecil.

Meski begitu, superkapasitor ini punya kemampuan untuk menyimpan energi dalam jumlah yang banyak. Ukurannya tidak lebih besar dari kuku jari. Selain itu, superkapasitor ini juga memiliki ukuran yang tipis dan fleksibel. Para peneliti pun mengatakan, desainnya yang mungil menjadikan baterai superkapasitor ini bisa digunakan untuk berbagai jenis perangkat yang berukuran kecil.

Mulai dari perangkat wearable ataupun smartphone dan tablet. Terlebih, baterai ini memiliki ketahanan hingga 30 ribu kali pengisian. Profesor Niti Choudhary, salah satu peneliti yang turut serta mengatakan, sekali pengisian baterai bisa tahan hingga satu minggu. Ketahanan baterai superkapasitor ini jauh lebih tinggi dibandingkan baterai lithium ion. Biasanya, baterai lithium ion hanya mampu tahan antara 300 hingga 500 kali pengisian. Kalaupun masih digunakan, daya tampung energi pada baterai akan mengalami penurunan, hanya mampu menampung 70 persen energi.

Tapi perlu diperhatikan bahwa teknologi baterai superkapasitor ini belum hadir di pasaran. Mereka mungkin masih membutuhkan waktu untuk riset dalam berbagai hal, ya semoga mereka segera menjual ke pasaran, bayangkan saja apabila smartphone kita hanyai mengisi seminggu sekali, kan kita jadi jarang mampir colokan listrik.