Seberapa Worth Tizen Dibanding Android & Windows Phone?

Kita kehadiran lagi sebuah sistem OS baru yang produk smartphone sudah menjadi barang sejuta umat, bahkan mereka memproduksi hardware seperti memory serta layar ke berbagai produsen perangkat, ia adalah samsung. Produk asal korea ini berinisiatif membuat OS sendiri yang dinamakan dengan OS tizen. Sama seperti Android, Tizen merupakan sistem operasi bersifat terbuka(open source) yang memakai inti program (kernel) Linux. Bukan hanya untuk ponsel pintar dan tablet saja, Tizen juga dirancang untuk perangkat multimedia dalam kendaraan, televisi dan sebagainya.

Di kutip dari zopini.com bahwa OS tizen sudah dipublikasikan sejak awal 2014 lalu, system operasi Tizen OS baru terkenal belakangan ini. Sejak dirilis, sistem operasi ini tidak ada yang melirik, hanya Samsung yang akhrinya meminangnya dan memakainya di salah satu produk smartphonenya. Awal mulanya, sistem operasi Tizen ini bernama Meego. Tizen ini adalah sebuah proyek gabungan milik Intel Mobilion dan Nokia Maemo. Nama Meego sendiri diambil dari gabungan kedua perusahaan ini. Akhirnya, nama Meego diubah menjadi Tizen, dikarenakan pada saat itu Nokia lebih fokus mengembangkan sistem operasi Windows Phone, sedangkan Intel urung untuk melanjutkan. Akhirnya, Samsung pun hadir dan bekerja sama dengan Linux Foundation.

Saat di CES 2015 awal Januari kemarin, Samsung Electronic mengatakan harapannya bahwa semua perangkat electronics mereka akan menjalankan OS Tizen pada tahun 2020 atau lima tahun dari sekarang. Patokan lain adalah di tahun 2017 dimana semua TV Samsung akan menggunakan OS Tizen atau setidaknya 50% dari semua perangkat elektronik akan menggunakan Tizen (Samsung Electronics merilis 600 juta lebih perangkat pintar tiap tahunnya dengan sekitar 200 diantaranya adalah smartphone).

“Itu sebabnya platform Tizen akan diperkuat lagi. Kita tidak bisa secara langsung meninggalkan Google Android. Namun di tengah gelombang keterbukaan dan konektivitas saat ini, Anda tidak akan bisa hidup tanpa [software] milik Anda sendiri. Karena keuntungan terbesar Samsung terletak pada manufaktur, jika kita bisa menumbuhkan ekosistem baru, maka kita akan tumbuh lebih besar lagi,” kata seorang eksekutif Samsung.

2015-01-02-image-9

Tizen menjadi proyek besar organisasi Linux Foundation bersama perusahaan elektronik Samsung dan produsen prosesor Intel. Samsung dan Intel merupakan donator Linux Foundation. Keduanya duduk di dewan yayasan dan memegang pengawasan lebih besar dalam proyek Linux, termasuk sistem operasi mobile Tizen. Mereka berperan dalam urusan teknis perangkat keras. Tizen mendapat dukungan dari operator seluler Sprint Nextel asal AS pada 7 Mei 2012, yang berkomitmen turut menjual produk Tizen di masa depan. The Automotive Grade Linux Workgroup, yang notabene adalah pemain dalam teknologi otomotif, juga menyatakan diri bergabung dalam Tizen Association.

30 April 2012, dirilislah sistem operasi Tizen versi 1.0 dengan kode nama Larkspur. Kemudian pada 25 September 2012, Tizen versi 2,0 berstatus alpha dirilis dengan kode nama Magnolia. Tizen 2.0 versi penuh akan dirilis pada Januari 2013. Samsung pun merilis ponsel pintar dengan sistem operasi Tizen 2.0 di kuartal pertama tahun 2013 ini. Langkah Samsung mendukung proyek Tizen ini disebut-sebut sebagai upaya agar tak bergantung sepenuhnya pada Android.

samsung-family-hub-hero-2Sekarang ini sistem operasi Tizen tidak hanya bisa digunakan di smartphone, namun juga di smart watch (jam tangan pintar), smart TV, dan lain sebagainya. Diprediksi akan melejit dalam beberapa tahun mendatang, hal ini karena OS Tizen tengah dikembangkan oleh Samsung, dan perlahan – lahan Samsung mulai mengembangkannya agar bisa menyaingi Android. Juga menggunakannya dalam beberapa seri smartphone Samsung.

Di Indonesia, smartphone yang paling terkenal serta terjangkau dengan mengusung OS tizen adalah samsung z2, tapi sepertinya tizen masih kurang di minati kalangan kita mengingat masih sedikit aplikasi yang tersedia di OS tersebut, tapi apabila anda ingin tampil beda, ingin mencoba hal yang baru, maka tak ada salahnya mencoba samsung z2 ini.