Seperti Apa Laptop Era 90-an

Tahun 90-an di tanah air adalah awal komputer mulai merambah, masih ingat windows 98 ? hehe. Sudah tak terasa sekarang windows 10, begitulah waktu, begitu cepat berjalan, dan begitulah jaman, terus mengalami perkembangan. Di tahun tersebut kita kebanyakan masih menggunakan PC, dengan media peyimpanan eksternal disket, tapi di luar negeri sana mereka sudah menghadirkan laptop, nah berikut adalah laptop pada tahun 90-an yang kami kutip dari winpoin.com

1991: Apple Powerbook 100

Powerbook 100 menggunakan prosesor Motorola 68000 16MHz, 2MB – 8MB RAM, layar monochrome LCD 9 inch beresolusi 640 x 400, dan ber-OS kan System 7.0.1. Desain Powerbook 100 ini sangat kompak dengan trackball yang diletakkan di tengah persis di bawah keyboard, lokasi yang sama seperti trackpad pada era laptop modern sekarang ini.

Berbeda dengan Macintosh Portable yang gagal di pasaran, Apple PowerBook 100 ini laku keras dan membuat Apple terus merilis beberapa seri PowerBook lain di tahun-tahun berikutnya.

 1992: IBM Thinkpad


Bisa dibilang mulai di tahun 90an laptop sudah masuk ke era modern. Setelah Apple PowerBook, IBM hadir dengan ThinkPad series nya. Laptop ini langsung populer sejak perilisannya, dengan keunikan adanya trackpoint di tengah-tengah keyboard yang bisa berfungsi untuk menggantikan mouse. Salah satu seri IBM ThinkPad adalah 760C, yang menggunakan prosesor Intel Pentium 1 90/120 MHz, floppy drive, 810MB hard disk, 8MB RAM, layar 10.4/12.1 inch beresolusi 800 x 600, serta menggunakan OS Windows 3.1.

 1999: Apple iBook

Jika melihat bagaimana desain MacBook saat ini, mungkin desain iBook G3 “Clamshell” diatas terlihat norak. Tetapi ini adalah langkah awal Apple untuk mencoba masuk ke market konsumer diluar kalangan enterprise dan bisnismen profesional. Lihat saja bagaimana warna dan desainnya, yang meskipun cukup terlihat aneh untuk saat ini, tetapi menjadi awal dari munculnya filosofi pentingnya desain dalam sebuah laptop.

Namun Apple memutuskan untuk mengakhiri iBook dengan desain Clamshell tersebut pada 2001 dan melanjutkannya dengan iBook G3 “Snow” yang kembali berdesain kotak seperti laptop pada umumnya kala itu, seperti pada gambar yang paling atas tersebut. Kalo sekarang? laptop sudah tipis, alias laptop hybrid.