Status Nama Domain Anda

Pada saat membuat website banyak klien yang tidak mengetahui hal penting dalam membuat website selain cms atau software/desain website adalah nama domain, juga hosting tentunya.

Mengapa nama domain website itu menjadi sangat penting bagi Anda, karena nama domain adalah alamat unik di dunia maya yang hanya satu, dan tentu saja juga menjadi breanding bagi personal atau perusahaan Anda.

Nama domain ini menjadi bermasalah bagi Anda ketika pada saat registrasi awal domain tersebut tidak atas nama Anda, biasanya atas nama pembuat website atau web developer. Masalahnya muncul pada saat di tengah perjalanan misalnya Anda tidak puas dan Anda ingin memindahkan atau mengambil alih registrasi domain tersebut. karena si registran tidak bisa dihubungi atau ada yang ngoto tidak mau memberikannya muncullah masalah disini, sehingga Anda harus mengunggu masa pending delete domain tersebut selesai baru Anda bisa membeli atau sewanya kembali, itupun jika belum kedahuluan orang lain.

SebagaiDomain-Lifecycle informasi berikut status nama domain diinternet:

  1. Available maksudnya nama domain yang Anda pesan masih tersedia.
  2. Not Available maksudnya nama domain tersebut telah dimiliki orang lain.
  3. Active maksudnya nama domain tersebut masih aktif dalam masa kontrak Anda.
  4. Renewal Grace Period maksudnya masa tenggang perpanjangan yang terjadi setelah nama domain habis masa Active (expired). Waktu masa tenggang perpanjangan ini berbeda-beda antara ekstensi satu dengan yang lain. Pada masa ini, nama domain yang telah expired biasanya diparkir oleh registrar ke halaman komersial. Harga perpanjangan masih normal sama seperti harga pembelian nama domain baru.
  5. Redemption Grace Period merupakan tenggang waktu yang dimiliki oleh pemilik nama domain untuk mengembalikan kepemilikan domainnya setelah domain tersebut melewati masa tenggang perpanjangan (Renewal Grace Period). Nama domain masuk ke dalam masa ini karena secara manual dihapus oleh registrar. Pada periode ini proses restorasi domain dapat dilakukan dengan biaya yang lebih mahal biasanya 10 x lipat dibandingkan harga perpanjangan atau pendaftaran domain baru. Masa ini umumnya terjadi selama 30 hari.
  6. Pending Delete  maksudnya masa persiapan untuk dilepaskan ke umum dan nama sudah tidak bisa dikembalikan lagi ke pemilik awal. Masa pending delete terjadi 5 hari. Jika ingin memiliki kembali, maka harus melewati masa Pending Delete.