Chat Kirim Pesan

Sudah Jamannya Autonomous Car

Akhirnya autonomous car memiliki titik terang, dahulu di awal era tahun 2000-an rasanya mobil tanpa supir benar-benar sebuah impian, Namun untuk saat ini, semuanya telah terwujud dengan adanya inovasi baru yang diluncurkan oleh Google, sebenarnya sudah banyak mobil yang menerapkan teknologi ini, seperti Tesla, BMW, Ford, Volvo, audi dan lainnya.

Google beberapa tahun silam melakukan pengujian terhadap dua merek mobil ternama, yakni Prius dan Lexus. Keduanya telah dirancang khusus oleh tim google agar dapat mengendarai sendiri tanpa bantuan pengemudinya. Mobil tersebut dapat mengerem lebih cepat dan sesuai saat ada rintangan yang menghadang di depannya. Selain itu, mobil juga dapat mengambil jarak yang lebih aman dari kendaraan yang ada di depannya.

Meski dapat berjalan sendiri, pengemudi masih bisa mengambil alih untuk mengendarainya. Namun, bila sistem otomatis diaktifkan, dashboard mobil akan menunjukan tampilan cara kerja mobil itu mengendarai dirinya sendiri. “Di dalam mobil ini, kami telah menciptakan cara manusia bekerja,” ungkapnya yang sejak 2010 silam telah menguji teknologi mobil futuristik ini.


Urmson, yang memimpin bagian teknologi untuk proyek tersebut, mengatakan bahwa “jantung dari sistem kami” adalah berbagai finder laser yang dipasang di atap mobil tersebut. Perangkatnya, sebuah VELODYNE 64-sinar laser, menghasilkan peta 3D rinci pada lingkungan tersebut. Mobil itu kemudian menggabungkan pengukuran laser dengan resolusi tinggi peta dunia, memproduksi berbagai jenis model data yang memungkinkan untuk drive itu sendiri sambil menghindari rintangan dan menghormati undang-undang lalu lintas.

Kendaraan juga membawa sensor lain, yang meliputi radar dipasang di bumper depan dan belakang yang memungkinkan mobil untuk “melihat” cukup jauh untuk dapat berurusan dengan lalu lintas cepat pada jalan raya, kamera diposisikan dekat bagian rear-view cermin yang mendeteksi lampu lalu lintas, dan GPS, inertial measurement unit dan encoder roda yang menentukan lokasi kendaraan dan melacak gerakannya.


Yang menarik bagi saya adalah bagaimana google membuat sistem yang dapat membaca setiap gerakan tubuh petugas lalu lintas.

Layanan Kami Lainnya :