Cara Menanggulangi Perubahan Iklim sebagai Warga Negara yang Baik

Seiring dengan zaman yang terus berubah dan teknologi yang terus berkembang membuat manusia terus melakukan pembaruan dalam berbagai sektor. Dengan semakin banyaknya pabrik yang beroperasi hingga kendaraan pribadi yang terus bermunculan membuat terjadinya polusi semakin meningkat. Kadar polusi terus meningkat secara drastis sejak kendaraan pribadi menjadi semakin murah untuk bisa dimiliki siapa saja. Saat ini, dunia sedang memasuki fase nyata imbas dari perubahan iklim. Sejumlah fenomena alam menunjukkan dampak serius akibat pemanasan global, mulai dari turunnya salju di Gurun Sahara, tingginya laju pencairan es di Kutub Utara dan Selatan, hingga suhu bumi yang semakin menghangat.

Tidak hanya itu saja, polusi yang terus meningkat juga disebabkan oleh semakin berkurangnya lahan hijau seperti hutan dan pepohonan yang terus ditebang dan dijadikan sebagai berbagai lahan baru untuk tempat tinggal ataupun pabrik. Alih fungsi lahan yang dilakukan secara besar-besaran membuat lingkungan menjadi terasa panas dan juga kehilangan kemampuannya untuk mengatasi polusi udara yang terus meningkat. Kadar polusi yang semakin meningkat inilah yang menjadi salah satu pemicu dari perubahan iklim. Negara-negara dunia tidak diam menyaksikan bumi yang semakin rapuh. Pada 2015, sebanyak 171 negara berkomitmen untuk menghentikan peningkatan suhu bumi agar tidak lebih dari 2 derajat Celcius.

Kesepakatan pencegahan perubahan iklim tertuang dalam Perjanjian Paris dan ditandai dengan pembentukan komitmen bersama Nationally Determined Contribution (NDC) periode 2020-2030. Di Indonesia, pemerintah bergerak cepat dengan mengeluarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2016 tentang Pengesahan Paris Agreement To The United Nations Framework Convention On Climate Change. Selain itu, pemerintah juga menetapkan target penurunan gas rumah kaca (GRK) dalam NDC Indonesia. Rinciannya, penurunan emisi sebesar 29 persen dengan upaya sendiri dan 41 persen dengan dukungan internasional hingga 2030.

Karena hutan dan lautan memainkan peran yang sangat penting dalam mengatur iklim bumi, meningkatkan kemampuan alami hutan dan lautan untuk menyerap karbon dioksida juga dapat membantu menghentikan pemanasan global. Sebagai bagian dari masyarakat internasional alias warga negara yang baik, kita dapat melakukan beberapa hal sederhana untuk membantu menanggulangi perubahan iklim. Berikut adalah beberapa cara menanggulangi perubahan iklim yang bisa diterapkan dari level keluarga dan orang-orang terdekat, untuk membantu mencegah memburuknya pemanasan global :

1. Tingkatkan Kesadaran Masyarakat

Cara menanggulangi perubahan iklim yang pertama adalah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat di sekitar mengenai topik ini. Dorong teman, keluarga, dan rekan kerja untuk mengurangi polusi karbon mereka. Kita juga dapat bergabung dengan gerakan global yang bertujuan untuk menginspirasi dan mengambil langkah-langkah praktis dan menantang para pemimpin untuk bertindak lebih berani terhadap isu perubahan iklim.

2. Lakukan Tekanan Politik

Cara menanggulangi perubahan iklim yang kedua adalah dengan melakukan tekanan-tekanan politik terhadap pemimpin setempat. Lobi politisi dan bisnis lokal di sekitar untuk mendukung upaya pengurangan emisi dan pengurangan polusi karbon. Pilihlah masalah lingkungan yang dipedulikan, buat permintaan khusus untuk perubahan, lalu coba atur pertemuan dengan perwakilan lokal dan dapat melakukannya dengan kelompok peduli lingkungan yang ada didaerah. Jika ingin berhasil mengatasi darurat iklim, politisi harus menjadi bagian dari solusinya.

3. Ubah Moda Transportasi

Cara menanggulangi perubahan iklim yang ketiga adalah dengan mulai mengubah mode transportasi yang digunakan. Transportasi menyumbang sekitar seperempat dari semua emisi gas rumah kaca dan di seluruh dunia, hingga banyak pemerintah menerapkan kebijakan untuk mendekarbonisasi perjalanan dan dapat memulai untuk membantu hal ini dengan tidak menggunakan kendaraan pribadi untuk bepergian. Berjalan kakilah atau gunakan bersepeda sebagai mode transportasi harian. Jika jaraknya terlalu jauh, gunakan transportasi umum.

4. Ubah Pola Makan

Cara menanggulangi perubahan iklim yang keempat adalah dengan mengubah pola makan. Konsumsilah lebih banyak makanan nabati. Saat ini, sekitar 60 persen lahan pertanian dunia digunakan untuk penggembalaan ternak dan orang-orang di banyak negara mengonsumsi lebih banyak makanan hewani daripada makanan yang sehat.