Gowes Gunung Telomoyo

Kali ini saya bersepeda menelusuri trek Gunung Telomoyo, Gunung yang terletak di Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah ini memiliki ketinggian 1.894 mdpl [sumber].

Jalan menuju ke puncak Gunung Telomoyo sangat bagus karena sudah diaspal, sebab pada puncak Gunung Telomoyo terdapat Pemancar Telkom serta puncak Telomoyo menjadi landasan Paralayang. Sepanjang perjalanan menuju puncak kita akan menikmati pemandangan yang sangat menarik.

Bersepeda mendaki Gunung Telomoyo sangat menantang, dibutuhkan fisik dan mental yang prima sebab jalan yang dilewati tanjankan yang tajam dan panjang.

Route bersepeda yang bisa dilewati menuju puncak gunung diantaranya Banyubiru – Sepakung – Telomoyo. Route Banyubiru – Wonokromo – Telomoyo atau Pandean Magelang – Telomoyo. Saya melewati route start Banyubiru kemudian Wonokromo lalu ke Puncak Telomoyo serta pulang memalui Pandean turun kearah Banyubiru kembali menempuh jarak 47.35 km dengan total elevasi 1,525 m.

Jika tidak turun kabut dari puncak gunung Telomoyo kita dapat melihat pemandangan gunung Lawu, Merbabu, Merapi, Sumbing, Sindoro, Prau serta hamparan danau Rawa Pening.

Jalan menuju puncak Gunung Telomoyo sangat sempit oleh sebab itu kendaraan roda empat tidak diizinkan untuk melewati jalan tersebut. mobil umum atau pribadi hanya diizinkan sampai pos pendakian.