Menjaga Kebiasaan Baik

Kebiasaan ada yang baik, ada yang buruk. Kita akan membicarakan kebiasaan baik ya, apa itu kebiasaan atau habits, menurut James Clear, dalam bukunya Atomic Habits bilang kalau habits atau kebiasaan adalah suatu aktivitas yang dilakukan secara berulang kali atau rutin. Contohnya push up 10x setiap hari, bersepeda minimal 3x sepekan, seorang muslim misalnya baca Al Quran 10 halaman setiap hari, puasa setiap hari senin dan kamis, dll. Sudah disebut habits jika Dia merasa ada yang kurang kalo belum melakukan, kebiasan tersebut telah menyatu dalam diri dan pikiran.

Dalam kita manjalankan kebiasan walaupun telah menyatu dalam diri dan pikiran, ada saja hambatan dalam mengerjakannya yang datangnya hambatan tersebut bisa berasal dalam diri maupun luar.

Untuk itu perlu adanya pemahaman agar kebiasaan tersebut awet alias bertahan lama;

Pertama, Hadirkan keyakinan bahwa kebiasaan Anda akan membentuk identitas diri. Sederhananya begini dengan habits yang kita lakukan tersebut akan membentuk diri kita seperti apa misalnya jadi orang yang bugar sepanjang usia.

Kedua, Permudah diri untuk mengerjakannya. Dalam menjalankan kebiasan seringkali kita memerlukan perlengkapan misalnya kita biasa lari maka perlengkapan seperti sepatu, jersey lari, dll yg mendukung harus tersedia dengan mudah dan cepat.

Demikian tips singkat ini semoga bermanfaat…!