Semua Butuh Cinta?

Sudah agak lama saya tidak membaca buku-buku bisnis. Waktu membolak balik buku dari rak, saya menemukan buku yang judulnya “Strategi Brilian 101 Tokoh Marketing Dunia” disusun oleh Oskar Raja, Sabinus Sadar, Vincent D’ral, Aris Gon, Nico Budiman dan Rita M diterbitkan oleh L-Press. Buku ini sudah cukup lama saya beli tepatnya pada bulan Maret 2011, sebelas tahun yang lalu. Seperti tertera pada judul 101 tokoh marketing dunia, saya tertarik membaca apa yang di katakan oleh Colleen Francis yang merupakan salah satu tokoh dalam buku ini.

Colleen Mengatakan bahwa dari 100 orang yang diwawancaranya, 95 orang mengatakan bahwa mereka mencapai sukses karena mereka mencintai apa yang mereka kerjakan. Orang yang tidak mencintai apa yang mereka kerjakan, atau tidak bergairah terhadap usaha yang sedang mereka jalankan, tidak akan mencapai kesuksesan, walaupun mereka orang berbakat.

Lebih lanjut Colleen mengatakan bahwa orang sukses selalu optimistik baik saat mereka menang maupun saat mereka kalah, baik saat mereka untung maupun saat mereka mengalami kerugian. Dalam kondisi usaha gagal, orang suskes akan mengambil tanggung jawab terhadap kegagalan tersebut, tidak pernah mencemooh atau menyalahkan orang lain.

Bisnis yang kita kita jalankan atau hobi yang kita kerjakan tidak akan mengapai hasil yang maksimal jika tidak kita jalankan atau kerjakan dengan cinta. Bayangkan Anda mempunyai orang tua, istri/suami dan anak-anak, akan seperti apa jika Anda tidak mencintainya.

Cinta tidak akan tumbuh jika tidak ada ilmu, Untuk menumbuhkan cinta pada bisnis harus punya ilmu dan pengetahuan tentang bisnis. Begitu juga cinta pada keluarga tidak akan tumbuh jika tidak punya ilmu dalam berkeluarga, menghargai hak-hak suami/istri, mendidik anak serta komunikasi yang baik dengan orang tua.

Teruslah belajar, banyak membaca untuk mengetahui dan menumbuhkan kecintaan pada apa yang kita kerjakan atau bisnis yang sedang kita jalankan. Semoga bermanfaat…!