Terobosan Dunia Medis Bagi Penderita Kelumpuhan dan Amputasi

Teknologi terus berkembang, baik dalam hal transportasi maupun medis. Beberapa contoh seperti orang yang mengalami kecelakaan, dimana mereka terpaksa harus di amputasi bagian tubuhnya, hal tersebut pasti akan sangat menyakitkan dan berat. Teknologi terus berkembang untuk memudahkan manusia.

Salah satu teknologi yang sudah berkembang selangkah lebih maju adalah organ buatan yang bekerja secara elektronik. Di kutip dari digitalmania.id bahwa ada seseorang bernama Burkhart yang tidak memiliki tangan, sedangkan sinyal-sinyal listrik alami yang berada di sumsum tulang juga telah terputus, berita yang menyedihkan bukan.

aplikasi administrasi sekolah

aplikasi akademik sekolah

Namun BCI atau Brain-Computer Interface yang dikembangkan oleh para peneliti di Battelle, sebuah organisasi nirlaba swasta yang berspesialisasi dalam teknologi medis, ditanamkan di otaknya pada tahun 2014. Para peneliti menduga mereka dapat melewati sumsum tulang belakang untuk menghubungkan korteks motorik utama Burkhart ke tangannya melalui relay.

aplikasi administrasi sekolah

aplikasi akademik sekolah

Sebuah port di bagian belakang tengkoraknya mengirimkan sinyal ke komputer. Perangkat lunak khusus menerjemahkan sinyal dan membaginya antara sinyal yang sesuai dengan gerak dan sentuhan masing-masing. Kedua sinyal ini kemudian dikirim ke selubung elektroda di sekitar lengan Burkhart.

Implan canggih ini telah memungkinkan Burkhart merasakan dan menggerakkan tangannya lagi setelah cedera tulang belakang membuatnya lumpuh sebagian. Ini adalah pertama kalinya fungsi motorik dan indera sentuhan telah dipulihkan menggunakan Brain-Computer Interface (BCI).

aplikasi administrasi sekolah

aplikasi akademik sekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *