Waspada Penipuan Online

JASA PEMBUATAN APP – Perkembangan teknologi semakin pesat, hampir sebagian besar dalam menjalani kehidupan sehari-hari teknologi sudah banyak mengambil peran, terlebih di daerah perkotaan. Teknologi secara garis besar ada 2, yaitu dalam bentuk hardware maupun software. Biasanya orang yang masih baru dalam bidang teknologi akan mengalami kesulitan baik secara teknis maupun konsep pemahaman. Dalam bidang software kita biasa mengenal yaitu dunia maya atau dunia cyber.

Perlu di ingat bahwa generasi yang lebih lama butuh banyak penyesuaian dalam teknologi karena di usia muda/remaja mereka terbiasa dengan hal yang bersifat tradisional dan mereka cukup rentan terkena kejahatan cyber. Pada tahun 2022, kerugian akibat kejahatan dunia maya sebesar $3,1 miliar dilaporkan ke FBI pada kelompok usia di atas 60 tahun, yang disebabkan oleh 88.262 insiden. Meskipun angka tersebut mewakili peningkatan sebesar 82% dari tahun ke tahun, masih banyak lagi kasus yang tidak dilaporkan.

jasa pembuatan database

jasa pembuatan website aplikasi

jasa pembuatan app

Dampak penipuan semacam ini bisa sangat buruk jika Anda sudah pensiun dan tidak punya sumber pendapatan untuk menggantikan tabungan yang hilang karena penipu. Oleh karena itu pahami pemaparan berikut.

Berikut adalah beberapa skema yang paling umum:

1. Phising

Email phishing atau pesan telepon/media sosial akan tiba tanpa diminta. Penipu menyamar sebagai entitas sah yang meminta Anda memberikan informasi seperti login akun, atau mengklik link/membuka lampiran.

Yang pertama dapat memungkinkan mereka untuk membajak akun Anda, sedangkan yang kedua dapat memicu pengunduhan malware yang dirancang untuk mencuri lebih banyak data atau mengunci komputer Anda.

jasa pembuatan database

jasa pembuatan website aplikasi

jasa pembuatan app

2. Layanan Khusus

Penipu menyamar sebagai perwakilan layanan khusus dengan tujuan memperoleh informasi pribadi yang dapat dijual kepada orang lain untuk melakukan penipuan asuransi kesehatan. Mereka mungkin melakukan ini melalui email, telepon, atau bahkan secara langsung.

3. Penipuan Belanja Online

Penipu membuat toko online yang tampak sah dan kemudian menarik pengguna untuk mengunjunginya melalui email phising atau teks atau pesan media sosial yang tidak diminta.

Barang sering kali ditandai dengan penawaran luar biasa. Namun, produk tersebut palsu, dicuri, atau tidak ada dan tujuan sebenarnya adalah mencuri detail kartu Anda.

jasa pembuatan database

jasa pembuatan website aplikasi

jasa pembuatan app

4. Penipuan Undian Berhadian

Ini yang sering terjadi di Tanah Air, dimana tiba-tiba kita di hubungi oleh sebuah perusahaan terkenal bahwa kita memenangkan hadiah, lalu kita di perintah untuk melakukan sejumlah transfer di awal sebagai uang administrasi atau biaya pengiriman.

Kadang ada juga penipu yang memanfaatkan mengisi data pribadi korban, mirip dengan konsep phising.

5. Penipuan Kecelakaan

Biasanya mereka akan meminta transfer uang, karena dalam keadaan berbahaya. Penipu berpura-pura menjadi petugas polisi, dokter, atau orang yang mencoba membantu anak tersebut tersebut.

Kemajuan dalam perangkat lunak AI yang dikenal sebagai deepfake bahkan memungkinkan mereka meniru suara anda dengan lebih akurat untuk melakukan apa yang kemudian disebut sebagai “penipuan penculikan virtual”.

jasa pembuatan database

jasa pembuatan website aplikasi

jasa pembuatan app

6. Penipuan Investasi

Penjahat dunia maya yang berpenghasilan tertinggi pada tahun 2022, menghasilkan lebih dari $3,3 miliar, kategori ini mengacu pada skema cepat kaya yang menjanjikan risiko rendah dan pengembalian terjamin, sering kali melalui investasi mata uang kripto. Kenyataannya, seluruh skema dibangun di atas pasir.

CARA AGAR KITA TETAP AMAN

Kami telah menulis tentang hal ini sebelumnya dan meskipun taktik penipu dapat berubah, saran praktik terbaik tetap konsisten. Ingatlah indikasi berikut agar tetap aman:

  1. Penipu memberikan link namun bukan dari alamat website resmi perusahaan.
  2. Penipu tidak mau di ajak bertemu secara langsung dan terus membuat alasan.
  3. Penipu selalu meminta syarat transfer terlebih dahulu.
  4. Penipu memberikan iming-iming hadiah yang tidak masuk akal.
  5. Penipu memberikan no rekening pribadi (tidak perusahaan).
  6. Selalu cek kontak orang asing melalui aplikasi seperti Caller Id atau get contact.
  7. Jangan mudah mengklik link dari sumber asing atau nampak mencurigakan.

Demikian pembahasanmengenai penipuan online paling berbahaya, semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan dan memberi manfaat.

jasa pembuatan database

jasa pembuatan website aplikasi

jasa pembuatan app