Lawanlah Sifat Malas

SOFTWARE FUNDRAISING – Setiap manusia memiliki sifat tercela, salah satu sifat tercela antara lain adalah malas. Malas menuntut ilmu, malas berbuat baik hingga malas beribadah. Tentu sifat tersebut tergantung bagaimana kita menyikapinya, apakah kita menuruti hawa nafsu malas tersebut atau tetap disiplin untuk melawan sifat malas tersebut. Berikut adalah beberapa nasihat untuk bangkit dari sifat malas dalam menuntut ilmu.

1. Hendaknya juga menuntut ilmu dalam porsi sedikit akan tetapi konsisten. Lihatlah kepada kemampuan diri sendiri. Rutinkan menuntut ilmu sesuai kemampuan, baik harian atau bulanan. Orang yang langsung mengambil banyak jadwal dalam belajar maka tidak akan bertahan lama dan akhirnya dia akan kalah serta malas dan meninggalkan ilmu.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ ! خُذُوا مِنَ الأَعْمَالِ مَا تُطِيقُونَ رواه البخاري ومسلم

“Wahai manusia, ambillah pekerjaan sesuai dengan kemampuan anda semua.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sabda Nabi sallallahu alaihi wa sallam:

أَحَبُّ الْأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ رواه البخاري ومسلم

“Amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling konsisten meskipun sedikit.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, “Maksudnya mampu untuk konsisten dalam melakasanakan tanpa terbebani. Di dalamnya ada dalil anjuran untuk menjaga dalam beribadah, menjauhi berlebih-lebihan. Hadits tidak khusus dalam shalat, bahkan ia umum mencakup semua amalan kebaikan. (Al Minhaj Syarah Muslim)

software keuangan masjid

software fundraising

software masjid

2. Diantara yang bisa membangkitkan semangat belajar adalah membaca atau mendengarkan kisah para ulama dalam perjuangan menuntut ilmu serta hasil yang mereka dapatkan.

3. Secara bertahap. Dalam menuntut ilmu adalah bertahap dan tidak loncat loncat atau langsung melahap ilmu yang bukan porsinya. Karena sesungguhnya makanan orang dewasa adalah racun bagi anak kecil. Artinya ketika penuntut ilmu pemula melahap ilmu lanjutan dia akan bingung sehingga dia tidak semangat dan akhirnya tidak belajar sama sekali. Allah saja menurunkan Al quran secara bertahap.

software keuangan masjid

software fundraising

software masjid

4. Memperbanyak doa berlindung dari sifat malas diantaranya.

( اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الهَمِّ وَالحَزَنِ ، وَالعَجْزِ وَالكَسَلِ ، وَالبُخْلِ وَالجُبْنِ ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ ، وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ رواه البخاري

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan. Aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan. Aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir. Aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan kesewenang-wenangan manusia). (HR. Bukhari)

5. Merawat Diri, perhatikan kebersihan badan dan rutinlah mandi dan memakai minyak wangi. Wewangian adalah gizi bagi ruh yang akan membuat fresh otak, membuat bahagia hati dan jiwa, juga akan membuat jiwa semakin kuat dan bersemangat.

software keuangan masjid

software fundraising

software masjid

6. Bergaulah dengan orang yang rajin dan semangat serta optimis. Karena kualitas hidup ditentukan oleh pertemanan.

7. Hendaknya sadar juga sifat malas adalah sifatnya orang munafik. Mereka malas beribadah. Dan menuntut ilmu termasuk ibadah bahkan yang paling agung.

{ إِنَّ ٱلۡمُنَـٰفِقِینَ یُخَـٰدِعُونَ ٱللَّهَ وَهُوَ خَـٰدِعُهُمۡ وَإِذَا قَامُوۤا۟ إِلَى ٱلصَّلَوٰةِ قَامُوا۟ كُسَالَىٰ یُرَاۤءُونَ ٱلنَّاسَ وَلَا یَذۡكُرُونَ ٱللَّهَ إِلَّا قَلِیلࣰا }

Sesungguhnya orang munafik itu hendak menipu Allah, tetapi Allah-lah yang menipu mereka.Apabila mereka berdiri untuk salat mereka lakukan dengan malas Mereka bermaksud riya’ (ingin dipuji di hadapan manusia. Dan mereka tidak mengingat Allah kecuali sedikit sekali.* (Surat An-Nisa’: 142)

Semoga kita istiqomah di jalan kebenaran yang lurus dan semoga Allah mudahkan segala urusan dunia & akhirat kita

software keuangan masjid

software fundraising

software masjid